RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Madrasah : .......................................................
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VIII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar : 1.1 Menceritakan sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
§ Membaca/menceritakan materi sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
§ Membaca proses terbentuknya sejarah Dinasti Al Ayyubiyah
§ Membuat peta konsep mengidentifikasi tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
§ Tanya jawab tentang faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
B. Materi Pembelajaran
§ Sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
§ Proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah
§ Tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
§ Faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah
C. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Penugasan
§ Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü Kegiatan awal
§ Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§ Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü Kegiatan Inti
§ Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§ Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§ Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§ Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü Kegiatan Akhir
§ Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§ Siswa dan guru melakukan refleksi
§ Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E. Sumber Belajar
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§ Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§ Ensiklopedi Islam
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
Ø Menjelaskan sejarah berdirinya Bani Abbasiyah | TesTulis | Uraian | Ø Jelaskan sejarah berdirinya Bani Abbasiyah ? |
Ø Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah | TesTulis | Jawab Singkat | Ø Sebutkan proses terbentuknya sejarah Bani Abbasiyah? |
Ø Menampilkan tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Bani Abbasiyah | Penugasan | Tugas | Ø Tampilkan tokoh tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Bani Abbasiyah ? |
Ø Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah | Tes lisan | Tugas | Ø Jelaskan faktor pendukung sejarah berdirinya Bani Abbasiyah ? |
§ Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam | 2 |
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam | 0 |
§ Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam | 2 |
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam | 0 |
Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100
Mengetahui, Kepala Madrasah ..................................................... NIP. | | ....................... , .................................... Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam ..................................................... NIP. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Madrasah : .......................................................
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas : VIII / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Abbasiyah
Kompetensi Dasar :1.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
§ Membaca/ meceritakan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
§ Mengidentifkasi sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
§ Learning start with question tentanglahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
B. Materi Pembelajaran
§ Perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
§ Sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
§ Lahirnya tokoh dari perkembangan kebudayaan / peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah
C. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Penugasan
§ Diskusi
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü Kegiatan awal
§ Siswa berdo’a bersama dengan bimbingan guru
§ Guru memotivasi akan pentingnya kompetensi yang akan dipelajari
Ü Kegiatan Inti
§ Siswa membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 / 6 kelompok
§ Siswa mengidentifikasi bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa tanya jawab dengan anggota kelompoknya tentang bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa dengan anggota kelompoknya membandingkan bentuk / wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam
§ Siswa menjelaskan pemahaman masing-masing secara individual kepada kelompoknya
§ Menempel hasil pekerjaan masing-masing kelompok untuk dipresntasikan
§ Presentasi masing-masing kelompok secara bergantian selama 5menit dan kelompok lain menanggapi secara bersama-sama guru memberikan penguatan terhadap konsep yang dibahas pertanyaan
Ü Kegiatan Akhir
§ Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan bentuk dan wujud kebudayaan Islam.
§ Siswa dan guru melakukan refleksi
§ Siswa dan guru merancang pembelajaran berikutnya berdasarkan pengalaman pembelajaran saat itu
E. Sumber Belajar
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Depag
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Toha Putra
§ Buku Sejarah Kebudayaan Islam Tiga Serangkai
§ Buku Sejarah Hidup Muhammad SAW
§ Ensiklopedi Islam
F. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik Penilaian | Bentuk Penilaian | Contoh Instrumen |
Ø Menjelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah | Tes lisan | Tugas | Ø jelaskan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah? |
Ø Menunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah | Tes lisan | Tugas | Ø Tunjukkan sebab perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah? |
Ø Mengidentifikasi munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada Bani Abbasiyah | Tes lisan | Jawab Singkat | Ø Sebutkan munculnya tokoh dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada Bani Abbasiyah? |
§ Identifikasilah minimal tiga contoh bentuk / wujud kebudayaan Islam !
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan 3 wujud kebudayaan Islam | 2 |
Siswa menuliskan 1 - 2 wujud kebudayaan Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan contoh wujud kebudayaan Islam | 0 |
§ Tentukan perbedaan bentuk/wujud kebudayaan Islam dan non Islam! (Minimal dua perbedaan)
Pedoman Penskoran :
Aspek | Skor |
Siswa menuliskan 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam dan kebudayaan non Islam | 2 |
Siswa menuliskan 1 - 2 perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam | 1 |
Siswa tidak dapat menyebutkan perbedaan wujud kebudayaan Islam kebudayaan non Islam | 0 |
Nilai = skor yang diperoleh / skor maksimal X 100
Mengetahui, Kepala Madrasah ..................................................... NIP. | | ....................... , .................................... Guru Bidang Studi Sejarah Kebudayaan Islam ..................................................... NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar